Paranoid

Mari kita bayangkan suatu dialog (fiktif) berikut:

Mr. A : Mr. B, jangan gunakan sistem operasi XYZ.

Mr. B : Memangnya kenapa?

Mr. A : Karena sistem operasi XYZ tidak menghargai privasi anda. Secara periodik, log aktivitas anda akan dikirim ke server mereka.

Mr. B : Wah gawat. Berarti kita seharusnya tidak menggunakan sistem operasi XYZ lagi.

Nah, sebagai catatan, si Mr. B ini adalah seorang programmer yang cukup handal. Dan dialog pun berlanjut…

Mr. B : Kalau begitu, saya memutuskan membuat sistem operasi saya sendiri dari nol. Dengan demikian, saya tahu persis apa saja yang sistem operasi saya lakukan. Hahahaha…. 8)

Mr. A : Wah hebat. Bagaimana caranya?

Mr. B : Gampang. Saya akan menggunakan compiler foobar123. Compiler ini punya reputasi bagus di jagad open source.

Mr. A : Hmm sebentar dulu. Apakah compiler itu bisa dipercayai?

Mr. B : Bisa dong. Kan open source. Memangnya kenapa?

Mr. A : Tahukan anda bahwa compiler bisa menyelipkan instruksi ilegal di code anda, dan anda tidak menyadarinya sekalipun compiler itu open source?

Mr. B : Wah saya baru tahu yang seperti itu. Jadi bagaimana dong?

Mr. A : Saya khawatir anda harus menulis compiler dulu Mr .B, barulah anda bisa membuat sistem operasi anda sendiri.:mrgreen:

Mr. B:😯

Yah begitulah kira-kira…

Belum lama ini pemikiran itu muncul di pikiran saya…:mrgreen:

 

2 thoughts on “Paranoid

Leave a Reply

