District 9

Bosan dengan sci-fi horror ala Alien?
Tidak ada salahnya jika anda mencoba menonton District 9.

District9Poster265_000

Ceritanya “tidak biasa”, bukan tipikal film alien yang biasa kita tonton. Bukan tentang invasi alien ke bumi, atau berusaha meloloskan diri dari pesawat luar angkasa yang dikuasai alien, tapi alien yang entah bagaimana bisa tersasar Johannesburg. Kemudian terjadilah perbudakan terhadap mereka, dimana manusia = warga kelas #1, dan alien = warga kelas #2.suatu alegori tentang apartheid. Makin pas kan? :mrgreen:

Film ini dikemas dalam gaya pseudo-dokumenter. Sebagian film biasa, sebagian lagi disisipi aneka rekaman wawancara atau video kamera pengawas. Tentu saja, masih ada sejumlah ada adegan baku hantam. Jangan khawatir, CGI yang digunakan fantastik. Alien terlihat sangat sangat nyata, seolah mereka itu bukan hasil buatan komputer.

Unsur violence terlihat dimana-mana. Alien yang dijagal, kepala atau tangan yang hancur karena senjata alien, dst. Belum lagi F bomb yang muncul terus-menerus. Tapi sekali lagi, itu semua dikemas dengan apik sekali :mrgreen:

Dan yang membuat lebih menarik lagi adalah bagaimana film ini tidak berusaha memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul, misal:

  • Kenapa pesawat mereka bisa tersasar di bumi
  • Mengapa para alien itu tidak langsung keluar dari pesawat mereka?
  • Mengapa para alien itu tidak menyerang bumi, padahal mereka punya teknologi yang superior?
  • Bagaimana kelanjutan nasib Wikus?
  • Dan seterusnya…

Simpulan: apartheid + alien + bloody violence= EPIC WIN.
Film yang sangat layak untuk ditonton… :mrgreen:

Leave a comment