The not-so-golden rule

Semua orang mungkin tahu/pernah mendengar The Golden Rule:

“What you wish your neighbors to be to you, such be also to them.”

Terjemahan bebasnya:

“Perlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan.”

Dengan kata lain:

“Jangan perlakukan orang lain sebagaimana anda tidak ingin diperlakukan.”

Contoh:

  1. Kalau anda ingin dihormati, hormatilah orang lain.
  2. Kalau anda tidak ingin diejek, jangan mengejek orang lain.

Dan seterusnya…

Cukup intronya sampai disini. Ada banyak isu etis/filosofis yang bisa timbul, tapi bukan itu yang akan saya bicarakan.

Yang saya tanyakan adalah, bisakah, entah bagaimana caranya, aturan ini dilanggar sedikit dan tentu saja tetap menguntungkan kita (egois yah ha ha :twisted:) ?

Ambil satu contoh deh. Misal suatu hari saya iseng menimpuk jendela tetangga dengan batu. Berdasarkan The Golden Rule, berarti saya harus bersedia ditimpuk balik, entah kapanpun itu. Iya dong?

Masalahnya, saya seorang cheater/egois. Apa cara yang mesti saya lakukan supaya bisa terhindar dari implikasi tertimpuk batu?

Seandainya saya bisa mengendalikan The Force, tentulah saya akan memanipulasi pikiran si tetangga sedemikian rupa, sehingga setiap kali dia ingin membalas, maka dia akan merasakan suatu tekanan luar biasa dalam pikirannya (semacam psychological trick lah) …:mrgreen:

Atau begini. Katakanlah menghapus The Golden Rule itu mustahil.

Mungkin saya akan pergi ke suatu pulau tak berpenghuni, kemudian melakukan rekayasa genetika untujk menciptakan spesies-spesies baru, lalu menjadi seperti Tuhan di pulau itu dan membuat norma-norma tersendiri, seperti yang dilakukan Dr. Moreau ? Tidak ada The Golden Rule. Adanya The anta40’s Rule. Ha hašŸ˜ˆ

Sekian sampai disini ngalor-ngidulnya…:mrgreen:

Leave a Reply

